Sunday, December 7, 2014

GARY STU

Datang kala surya memeluk
Melepaskan titik titik cahaya dibalik pejamnya mata
Awalnya membuat takluk
Pabila sesuatu merasuk,
Tidak bukan adalah hati yang terantuk

Tak mau terjatuh,
Sudah terlalu jauh
Ku gemakan rasa angkuh
Bagi yang tak kenal keluh

Ku tanya, mengapa?
Berputar sesuka hati,
Berlari sesuka hati,
Tersenyum, bermuram durja, menatap lalu berpaling
Datang dan pergi membawa bara
Memanah lalu melepaskan

Membekas di raga dan jiwa
Buat apa?
Tanpa arti, seperti tatapan matamu setiap senja
Kala purnama datang, kau memilih sendiri

Terkadang hitam berani putih,
Karena telah mengetahui keasliannya adalah hitam
Sehingga ia tahu kemana,
Saat harus kembali ke awal

Ingin rasanya menjadi waktu
Agar bisa lari, menyelamatkan rasa
Agar bisa menghabisi nyawa makna
Menenggelamkan memori lama yang selalu bergema
Mengapa harus tak bisa?

Bagaimana pula
Cara menyembuyikan langkah?
Sorotmu matamu menyapa
Manakala kata dariku mengudara, sampai jumpa

Saturday, November 1, 2014

MEMOAR 275

Ada noda bila helaimu terlahir putih,
harus ada noda bila helaimu terlahir putih.
Bersyukurlah ada noda karena helaimu terlahir putih.
Karena bila ada noda maka helaimu terlahir putih.
Tanpa noda helaimu bukan putih.

Catatan: Terkadang hitam berani putih karena ia telah mengetahui bahwa asalnya adalah hitam, sehingga ia tahu kemana saat harus kembali ke asal.

Saturday, August 30, 2014

TEMPUS FUGIT

Ketika membacanya, aku seperti tahu bahwa aku akan sering mendengarnya di masa depanku. Aku akan sering menuliskannya di sebelah namaku, aku akan membuat orang-orang terdekatku pun sering memanggilnya.


Ketika musim panas datang, aku mengawetkannya hingga musim dingin tahun ke tiga.


Kini debu waktu telah menyelimutinya. Memunculkan goresan-goresan yang dalam, jika aku menyentuhnya akan terasa perbedaannya.


Musim gugurku tidak berbeda dengan daun-daun yang berjatuhan di atas kepalaku. Mengering seperti lukaku.






Sunday, May 25, 2014

NASIB SENIMAN


Kaum pecinta keindahan
Kaum pemuja aksara
Kami, seniman ibukota
Yang dipandang sebelah mata

Kami yang suka meracik kata
Kami, menghirup imajinasi
Bernafaskan surealisme
Kami, yang biasa makan diskriminasi

Menyeduh kopi senja dipinggiran kota Jakarta
Kaum kapitalis berlalu-lalang
Memandang sebelah mata
Seolah kami berbeda
Dari kaum yang buta makna, memang

Seni tak semurah itu
Kami bukan budak barang fana
Yang bisa diracun harta
Bukan sanjungan yang kami cari
Bukan juga apresiasi

Hanya sedikit ruang yang kami cari
Agar setiap aksara kembali bercahaya
Setiap goresan bebas berkelana
Warna-warna melayang di udara
Dunia kami tak akan pernah mati
Kami tak akan berhenti

Friday, May 9, 2014

COLDPLAY'S GHOST STORIES

Coldplay kembali meluncurkan album barunya yang keenam, "Ghost Stories". Dari judulnya aja udah menarik seolah fairytale-fairytale an banget. Album ini akan dirilis 19 Mei 2014 dan berisi sembilan lagu. Saya sendiri baru mendengar 6 lagu diantaranya yaitu Magic, Oceans, Midnight, Sky Full of Stars, True Love dan O. Dari judul-judulnya aja bagi saya juga udah menarik. Kata-kata simpel dan klise kayak True Love salah satu contohnya, tapi punya power di meaningnya. Lagu pertama yang saya dengarkan melalui Youtube adalah Magic. Baru pertama nonton udah terkesima karena konsep lagu ini dibikin short movie lagi kayak Paradise di album MyloXyloto dulu yang sukses habis-habisan ditonton 250 juta orang di youtube. Di lagu Magic ini bahkan ngedatengin aktris terkenal yaitu Zhang Ziyi. Alur ceritanya gak begitu mudeng cuman yang pasti ini tentang cinta segitiga antarpesulap. Nah saya biasanya lebih fokus ke mendengarkan lagunya daripada menonton filmnya, dan di lagu ini jujur sejujur-jujurnya menurut saya biasa aja untuk ukuran sebuah band sekelas COLDPLAY. Sangat disayangkan padahal videonya udah niat banget sampe di endingnya Chris Martin bisa terbang-terbang segala dengan segala efek visual yang canggih-canggih. Gak puas sama lagu pertama, saya coba dengerin lagu Midnight. Videonya juga kreatif macem band The XX, pake efek negatif. Coba aja nonton. Cuman sayang sekali lagi, lagu yang jadi primadona di album inipun beda citarasa sama lagu-lagu Coldplay di album yang sebelumnya. BIASA, banget. sorry to say but i dont know wth is happened with Chris Martin after dia breakup sama Gwyneth, padahal setahu saya karya seseorang yang diciptakan dalam keadaan lagi patah hati itu biasanya bakal calon jadi masterpiece. Tapi menurut saya Midnight nadanya cenderung monoton dan kurang ada klimaksnya. Kurang dapet eargasmnya lah istilahnya. Terus saya coba denger lagu yang judulnya Oceans, saya menonton Chris Martin yang membawakan lagu ini secara live di siaran BBC UK Radio #1. Pertama denger intronya kayak Best I Ever Had-nya Vertical Horizon, mirip gak boong. Terus ketika Chris Martin mulai nyanyi saya baru bisa menikmati lagunya. Cuma lagu ini satu-satunya yang cocok sama judulnya. Finally I'm falling in love with this song, ya, kayaknya lagu ini doang. Lagu ini masih lebih 'Coldplay' daripada yang lain di album ini. Dan di pertengahan lagu mulai ada nada-nada yang mirip kayak Unintended-nya Muse. Bahkan endingnya mirip banget kayak endingnya Unintended-nya Muse. Petikan gitar sama suaranya seakan Matt Bellamy sungguhan. Tapi overall saya suka banget sama Oceans.
Lagu selanjutnya yang saya dengarkan adalah A Sky Full Of Stars. Saya tahu seriang-riangnya lagu Coldplay tapi gak begini. Lagu A Sky Full Of Stars ini bahkan udah mulai kayak lagu-lagu kekinian dan ada unsur kedisko-diskoannya, entah saya lagi salah denger atau Chris Martinnya yang lagi hopeless pasca kandasnya rumah tangganya baru-baru ini. Sangat disayangkan banget padahal ekspetasi saya terhadap lagu Coldplay di album baru ini tinggi banget. Saya berharap lagu-lagunya bakal sesukses MyloXyloto tapi kenyataannya biasa banget. Saya gak mengatakan kalau Coldplay jelek di album ini tapi sekali lagi, untuk band sekelas Coldplay harusnya bisa lebih baik dari ini. Kalau boleh saya beropini Chris Martin sepertinya lagi krisis identitas, padahal Coldplay lagi produktif-produktifnya. Alhasil jadilah lagu-lagu Coldplay yang serba nanggung. Tapi kembali lagi, ini masalah taste of music. Dan tentu saja saya juga gak akan meninggalkan Coldplay, saya udah terlanjur suka dan cocok sama band ini, meskipun gak secocok sama Oasis dan Blur. Saya tetap mendukung Coldplay saat lagunya biasa saja, sama seperti saya mendukung saat lagu-lagu Coldplay (hampir selalu) luar biasa. Lagu-lagu favorit saya antara lain adalah kebanyakan yang menstrim-menstrim sih, contohnya Fix You; lagu pertama kali yang bikin saya tahu band Coldplay. Lagu ini entah kenapa setiap kali didengarkan saya merasa seperti berada dalam sebuah gereja katedral, dengan visualisasi pengantin yang ditinggalkan oleh kekasihnya. Padahal lagu ini aslinya tentang pacar Chris Martin yang ayahnya saat itu meninggal, makanya diberi judul Fix You. Lagu lain yang saya suka juga meinstrim banget, yaitu Paradise. Yellow versi akustik jauh lebih eargasm ditelinga saya dibanding versi aslinya. Selain itu saya juga menfavoritkan Gravity yang liriknya ngena banget. A Message, The Escapist dan Strawberry Swing juga selalu menjadi lagu masterpiece Coldplay bagi saya, gak peduli sudah berapa tahun lagu ini selalu bersama saya.
Ghost Stories Trailer

Monday, March 31, 2014

12 MUST READ BOOKS FOR SPRING 2014

1. Norwegian Wood by Haruki Murakami
2. Pride and Prejudice by Jane Austen
3. The Alchemist by Paulo Coelho
4. Looking for Alaska by John Green
5. Lolita by Vladimir Nabokov
6. The Catcher in the Rye by J.D. Salinger
7. The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald
8. Les Miserables  Victor Hugo
9. The Bell Jar by Sylvia Plath
10. The Importance of Being Earnest by Oscar Wilde
11. IT by Alexa Chung
12. Eternal Sunshine of The Spotless Mind by Charlie Kaufman

Efek Rumah Kaca


1. Jatuh Cinta Itu Biasa Saja — Efek Rumah Kaca
Lagu ERK paling pertama yang saya tahu dan saya langsung jatuh cinta. Ya, masa SMA saya memang dengerinnya ERK dimanapun, kapanpun. Jadi lagu ini adalah inspirasi waktu saya kelas 2 SMA saat mendapat tugas menulis puisi di kelas Bahasa Indonesia. Saya mengambil beberapa liriknya dan judulnya saya buat sama, yaitu Jatuh Cinta Itu Biasa Saja. Lalu saya gabungkan dengan ayat-ayat melankolis buatan saya. Sebenarnya saya nggak mau yang melankolis-melankolis, tapi karna temanya sudah ditentukan yaudah saya nurut aja.

2. Di Udara
Saya pertama kali sadar bahwa saya jatuh cinta sama suara Cholil Mahmud saat di bagian reff lagu ini! Lagu ini ditujukan buat Alm. Munir, aktivis HAM pada saat itu yang tewas didalam pesawat menuju Amsterdam karena keracunan, atau lebih tepatnya diracuni oleh oknum-oknum tertentu yang Kalian-Tahu-Siapa. Bisa dilihat jika kalian memperhatikan lirik-liriknya. Liriknya brilian banget kalau saya bilang karena dia bisa menyindir dan menusuk sekaligus mengenang tanpa menyebut nama.

3. Balerina
Lagu ini punya kesan khusus di kuping saya, dan saya gak pernah bosen sama lagu ini. Dan saat jaman SMA dulu, setiap kelas menggambar saya selalu ngumpet-ngumpet pasang headset untuk dengerin lagu ini. Entah kenapa rasanya cocok aja menggambar sambil mendengarkan lagu ini di kuping saya. Guru saya yang awalnya gak tahu pada akhirnya tahu, tapi saking kekeuhnya nerusin kebiasaan ini jadi akhirnya dia biarkan aja. Selain buat nemenin menggambar, akhirnya lagu ini juga selalu menemani saya saat dulu masih sering berpergian ke Kota Tua.

4. Hujan Jangan Marah
Saya paling suka liriknya di awal-awal yang puitis banget (semua lirik lagu ERK puitis, tapi di lagu ini kental bgt kayak susu). Kesan lagu ini emang dark banget, ini lagu kedua selain Desember yang ERK bikin tentang hujan. Tapi saya dengerin berkali-kali bukannya semakin bosan tapi malah makin suka. Apalagi pas bagian reff nya Cholil berkumandang, "Hujan! Hujan! Jangan marah" merinding saya dengerinnya.

Itu dia 4 lagu ERK favorit saya, tanpa mengurangi respek saya terhadap lagu-lagu ERK favorit saya yang lain seperti Jangan Bakar Buku, Kamar Gelap, Hilang, dan Mosi Tidak Percaya.

Sunday, December 22, 2013

TAKE ME SOMEWHERE NICE

Waktu malem, gue lagi dengerin lagunya Mogwai -Take Me Somewhere Nice dan as always, gue nulis tanpa direncanakan karena terinspirasi dari lagu ini. cuma sepenggal, tapi ckup jelas maknanya.

London, 1920.

"Maaf aku bukannya memberimu kesempatan untuk masuk ke dalam Teater. Aku tidak ingin mengerjaimu." kata penjaga pintu gerbang teater itu, cepat-cepat sebelum harapan Nikkicio semakin besar. "Katakan dengan jujur, apa kau ingin masuk kedalam untuk menonton opera atau hanya agar bisa berteduh dari hujan?"
Nikkicio tidak marah. Ia malahan tersenyum. "Aku sangat menyukai pertunjukkan opera. Bagiku, hujan dan opera adalah kesinambungan yang indah. Alam dan musik. Bagaimana mungkin aku membenci hujan dan menyukai Opera secara bersamaan, ketika hujan dan Opera tidak bisa dipisahkan."
"Oh begitu," penjaga pintu gerbang itu menunjukkan ekspresi masih mempersilahkan Nikkicio untuk berbicara.
"Ya," sambung Nikkicio. "Jika hanya ada aku sendirian di sepanjang jalan utama di London ini, aku akan meninggalkan payung ini dan berjalan di bawah hujan. Sayangnya aku dikelilingi oleh manusia-manusia berfikiran dangkal. Hujan adalah berkah dari Tuhan, tetesan air ini turun langsung dari surga. Kau memakai payung sama saja kau menghalangi apa yang sudah seharusnya kau terima. Tuhan menciptakan air hujan bukan untuk dihindari kan?"
Petugas itu tertarik pada perkataan Nikkicio. "Kalau begitu, kenapa tidak jadi dirimu sendiri saja? Lepaskan payung itu dari genggamanmu. Dan berjalanlah dibawah hujan."
Nikkicio menggelengkan kepalanya. "Aku memakai payung ini bukan karena aku tidak menjadi diriku sendiri, akan tetapi agar aku tetap sadar dan terus ingat bahwa aku hidup di jaman dimana manusia-manusia pengikut arus berpikiran dangkal dan bobrok." kalimat terakhirnya bernada sarkartis saat pandangannya bertemu dengan penjaga pintu teater itu.
"Alibi yang sempurna." kata laki-laki itu. " Perempuan yang terpaksa memakai payung di dunia yang penuh dengan kebobrokan?" -SAT


Tuesday, November 12, 2013

A Girl Who Reads

A girl who reads. A girl who spends her money on books instead of clothes, who has problems with closet space because she has too many books. A girl who has a list of books she wants to read, who has had a library card since she was twelve.

A girl who reads. She always have an unread book in her bag. She’s the one lovingly looking over the shelves in the bookstore. You see that weird chick sniffing the pages of an old book in a secondhand book shop? That’s the reader. They can never resist smelling the pages, especially when they are yellow and worn.

She’s the girl reading while waiting in that coffee shop down the street. If you take a peek at her mug, the non-dairy creamer is floating on top because she’s kind of engrossed already. Lost in a world of the author’s making.

Let her know what you really think of Murakami. See if she got through the first chapter of Pride and Prejudice. Ask her if she loves Alice or she would like to be Alice.

Give her books for her birthday, for Christmas, for anniversaries. Give her the gift of words, in poetry and in song. Let her know that you understand that words are love.
If you find a girl who reads, keep her close. When you find her up at 2 AM clutching a book to her chest and weeping, make her a cup of tea and hold her.
You will propose on a hot air balloon. Or during a rock concert. Or very casually next time she’s sick. Over Skype.

You will write the story of your lives, have kids with strange names and even stranger tastes. She will introduce your children to the Cat in the Hat and Aslan, maybe in the same day.

Date a girl who reads because you deserve it. You deserve a girl who can give you the most colorful life imaginable. If you can only give her monotony, and stale hours and half-baked proposals, then you’re better off alone. If you want the world and the worlds beyond it, date a girl who reads.

Or better yet, date a girl who writes.

― Rosemary Urquico

Friday, November 8, 2013

A Dad's Letter

Dear son, do you know the first time I saw you?
You're crying, like angelic voice. Your mom look at me with tired eyes, but her smile said that she's so happy. I look at you, you look at me with that eyes. I bet you don't know who I am.
But I know started from now, I became a dad. I've imagine that when you grow up as a young boy, you will be a hero for your mom when I'm getting older. We will spend our time every weekend for watching football, you will bet with me, we will playing basketball together, until you told me that you falling in love with someone.

On the first time I have you, I show you to all of my office colleagues. My boss said youre handsome, my friends scramble to take photos with you. Our house is full of toys from them.

When midnight comes you always crying and woke me up. Your mother looks so tired, so I said to her for sleep again and i will try to make you sleep. Even i'm so tired of my works today, even I have to wake up again at 5 a.m, but I enjoyed the time with you.

Every morning you woke me up and begging me to playing horseback. Yes I do it for you, and when I'm going to my office my back is so painful because of you. On the weekend, I'm sick because of all new habits that I must do as a father.

Time flies and you become a young boy. I have worked so hard for you, so you can get the best school. But you don't study hard at school. Youre lazy so I have a report from your teacher that you always get a bad score and sleeping in the class. I told you many times but you didn't change. You make me disappointed. You make me feel that every money I spent from my hard works is useless and you didn't appreciate it. My hope is gone.

When I lose my job, we don't have enough savings money anymore. We just can buy one food for three times meals a day. I always give you the largest portion, I know for a young boy like you need more calories than me. You don't realize that, you look so enjoy your meal. And I continued it everyday become a habit.

You start to smoking and drinking, I don't want my son touch that things, because when I was young, I've destroyed by that things. I told you, but you never listen to me. You mad with me. You even said that you hate me. It hurts me. I don't want to listen it again.
You never come back home, you falling in love with a girl that I don't like. She's just want your money, she doesn't love you and she's easily give herself to every boys near her. You don't know because you're so blind at the time.

You never listen to me!

Now I'm sick, but I still don't want to leave you. Because I still have a words unspoken to you that you have to know that before I'm gone forever.

I love you.
How come I don't love you if i spend my every midnight time when you're baby, to make you can sleep while you're making me can't sleep?
How come I don't love you if I spend my money for send you to school that can educate you, so you can be just like other child?
Even I always look annoying, an old man that can't do anything anymore. Giving so much rules, asking too much.
I really really don't want to lose you. I want you happy in your life. I know sometimes you destroy yourself, but you don't realize it because youre still young. I care with you, but you never realized.
I want to see you live with your wife. I want to know who is she, where would you live, but I think I don't have any time enough to know that things.

And I remember, when you were a baby, you still don't know who I am. And now, you don't know who I am anymore.

-sat